ANDAI AKU MENJADI MANAJER
Jika saya menjadi manajer dan dihadapkan dengan situasi pandemi seperti sekarang ini, saya akan berusaha semaksimal mungkin membangun komunikasi dengan karyawan, saya akan berusaha mengamati siapa karyawan yang terbebani atau yang masih stres karena pandemi dan mana karyawan yang sudah siap untuk meningkatkan produksi, agar saya dapat menentukan tugas mana yang harus diberikan kepada siapa.
Selanjutnya saya akan berusaha menjadi pelayan yang baik bagi bawahan saya. Hal ini sangat penting karena interaksi yang terjalin baik antara manajer dan pegawainya akan berdampak pada tingkat keefektifan kerja dalam suatu industri. Menjadi seorang manajer harus bisa mengontrol apa yang di kerjakan oleh pegawainya. Seorang manajer yang baik harus tahu apa yang harus di kerjakan oleh bawahannya. Kepemimpinan seorang manajer sebenarnya merupakan potensi komunikasi dalam tindakan, dimana ciri-ciri tersebut bisa seperti :
1. Membangun pemahaman tentang visi, misi, dan tujuan perusahaan berikut strategi dan kebijakannya di kalangan bawahan atau karyawan. Semakin paham bawahan semakin terdorong mereka untuk aktif menyampaikan gagasan-gagasannya dalam mengembangkan kinerja perusahaan.
2. Mendorong karyawan untuk melakukan pertukaran gagasan dan informasi. Bentuk ini dapat dilakukan di semua lini baik vertikal maupun horizontal. Hal ini sebenarnya merupakan bentuk apresiasi dari manajer kepada karyawannya.
3. Membuka saluran komunikasi yang multi arah pada karyawan berarti manajer telah tekun mendengarkan dan memberi perhatian pada aspirasi karyawan yang dinamis. Dalam posisi seperti itu maka hal serupa terjadi pula yakni apresiasi dari bawahan ke atasan atau manajernya.
Karena itu kalau seorang manajer ingin instruksinya dipatuhi oleh bawahannya maka dia pun harus siap untuk mendengarkan apa pun yang disampaikan karyawannya. Apakah itu berupa pertanyaan, gagasan, dan keluhan-keluhan. Memang dalam praktiknya menerima pesan tidaklah semudah menyampaikan pesan. Untuk menerima pesan dari karyawan, seorang manajer memerlukan pemahaman tentang isi, maksud, dan tujuan dari pesan itu sendiri. Bahkan sering dipertimbangkan siapa yang menyampaikan pesan itu. Selain itu diperlukan kemauan kuat untuk mendengarkan sesuatu dari bawahan.
Komentar
Posting Komentar